Penulis / NIM
ASRIATI ASI / 151411381
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Abstrak
ABSTRAK
Asriati Asi. 2013. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Panjang Benda Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas I SDN I Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Pembimbing I: Dra. Syamsiar RivaI, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II: Dra. Martianty Nalole, M.Pd
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan mengenal panjang benda pada siswa kelas I SDN I Limboto Barat Kabupaten Gorontalo?” Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal panjang benda melalui metode demonstrasi pada Siswa Kelas I SDN I Limbto Barat Kabupaten Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Dengan teknik pengumpulan data observasi tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahapan yaitu: tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa dengan dua siklus ini indikator kinerja yang teleh dirumuskan tercapai dengan baik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I yang tuntas menyebutkan benda panjang sebanyak 12 siswa dengan presentase 60% minimal memperoleh 75 keatas. Pada siklus II yang tuntas menyebutkan benda panjang sebanyak 16 siswa dengan presentase 80%. Di simpulkan dari hasil penelitian bahwa digunakan metode demonstrasi meningkatkan kemampuan mengenal panjang benda pada siswa kelas I SDN I Limbot Barat telah menunjukan hasil yang baik sesuai indikator yang diharapkan.
Kata Kunci: Kemampuan, Panjang Benda, Metode Demonstrasi
Download berkas