SKRIPSI

Penulis / NIM
RABIA MIOLO / 151411382
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Abstrak
ABSTRAK Rabia Miolo, 2012. “Meningkatkan Kemampuan Membaca Narasi Melalui Teknik Skrambel Pada Siswa Kelas 2 SDN 99 Kota Gorontalo”. Skripsi Program S1 PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Pembimbing 1, Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd Pembimbing II, Dr. Jusuf, M.Pd. Dalam penelitian ini ada beberapa masalah yang ditemukan: yaitu perhatian siswa pada saat proses pembelajaran masih sangat kurang, Guru belum menerapkan model pembelajaran tertentu dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas 2 SDN 99 Kota Utara. Tujuan penelitian adalah untuk memperbaiki proses belajar mengajar guna meningkatkan membaca narasi melalui teknik skrambel. di kelas 2 SDN 99 Kota Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan melalui 2 siklus, dengan materi Kemampuan Membaca Narasi Siswa melalui Teknik Skrambel dimana tindakan penelitian akan dihentikan jika hasil yang dicapai siswa telah memenuhi kriteria tetuntasan yaitu 85%, sehingga tingkat pencapaian keberhasilan dapat dinyatakan tuntas. Kemampuan membaca narasi siswa melalui teknik skrambel diukur berdasarkan kriteria ketuntasan belajar perorangan. Hasil penelitiana yang dilakukan dengan menggunakan teknik skrambel sangat membantu dalam proses belajar mengajar, sehingga guru tidak mengalami kesulitan dan siswa dapat termotivasi dan memahami materi pelajaran yang disajikan guru. Hal ini terbukti dari hasil belajar siswa pada siklus 1 nilai rata-rata capaian 60% , sedangkan pada siklus 2 meningkat menjadi 85%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik skrambel pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan membaca narasi pada siswa Kata kunci : Membaca narasi ,teknik skrambel.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011