Penulis / NIM
RABIA MIOLO / 151411382
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Abstrak
ABSTRAK
Rabia Miolo, 2012. “Meningkatkan Kemampuan Membaca Narasi Melalui
Teknik Skrambel Pada Siswa Kelas 2 SDN 99 Kota Gorontalo”. Skripsi Program
S1 PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Pembimbing 1, Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd Pembimbing II, Dr. Jusuf,
M.Pd.
Dalam penelitian ini ada beberapa masalah yang ditemukan: yaitu perhatian siswa
pada saat proses pembelajaran masih sangat kurang, Guru belum menerapkan
model pembelajaran tertentu dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di
kelas 2 SDN 99 Kota Utara. Tujuan penelitian adalah untuk memperbaiki proses
belajar mengajar guna meningkatkan membaca narasi melalui teknik skrambel. di
kelas 2 SDN 99 Kota Utara.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas,
yang dilaksanakan melalui 2 siklus, dengan materi Kemampuan Membaca Narasi
Siswa melalui Teknik Skrambel dimana tindakan penelitian akan dihentikan jika
hasil yang dicapai siswa telah memenuhi kriteria tetuntasan yaitu 85%, sehingga
tingkat pencapaian keberhasilan dapat dinyatakan tuntas. Kemampuan membaca
narasi siswa melalui teknik skrambel diukur berdasarkan kriteria ketuntasan
belajar perorangan.
Hasil penelitiana yang dilakukan dengan menggunakan teknik skrambel sangat
membantu dalam proses belajar mengajar, sehingga guru tidak mengalami
kesulitan dan siswa dapat termotivasi dan memahami materi pelajaran yang
disajikan guru. Hal ini terbukti dari hasil belajar siswa pada siklus 1 nilai rata-rata
capaian 60% , sedangkan pada siklus 2 meningkat menjadi 85%.
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik skrambel
pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan membaca
narasi pada siswa
Kata kunci : Membaca narasi ,teknik skrambel.
Download berkas