Penulis / NIM
MAIMUN HASAN RAHIM / 151411385
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstrak
ABSTRAK
MAIMUN HASAN RAHIM. 2013. “Meningkatkan Kemampun Siswa Membaca Permulaan Melalui Round Table di Kelas II SDN 1 Hulawa Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo “, Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo,2012. Pembimbing I Dra.Ratnarti Pahrun,M.Pd dan Pembimbing II Dra.Hj.Salma Halidu,M.Pd.
Permasalahan dalam penelititan ini adalah “Apakah model pembelajaran Round Table dapat meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa di Kelas II SDN 1 Hulawa Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo?”. Tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa melalui model pembelajaran Round Table di Kelas II SDN 1 Hulawa Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskritif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan materi membaca. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan analisis data dilaksanakan secara kualitatif dengan presentasi data sederhana
Dari hasil penelitian tindakan kelas pada observasi awal diperoleh data, dari jumlah siswa 27 orang yang dikenai tindakan hanya 4 orang siswa (15%) sudah dapat dikatakan memiliki kemampuan membaca. Sedangkan pada siklus I diperoleh data, dari jumlah siswa 27 orang yang dikenai tindakan hanya 13 orang siswa (48%) yang memiliki kemampuan membaca, dan siklus II meningkat menjadi 25 orang (93%) atau dikatakan sudah memiliki kemampuan membaca.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa pada aspek membaca dapat meningkat melalui model Round Table.
KATA KUNCI: Kemampuan siswa, Aspek Membaca dan Model Round Table.
Download berkas