Penulis / NIM
ESTIN HALID ISMAIL / 151411387
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Abstrak
ABSTRAK
Estin Halid Ismail 2013 Meningkatkan hasil belajar siswa materi jenis dan persebaran Sumber Daya Alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD Di Kelas IV SDN I Lupoyo Kecamatan Telaga Biru. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra. Hj Hakop Walanggadi, M.Si dan Pembimbing II Drs. H.Haris Mahmud, S.Pd, M.Si.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan melalui model pembelajaran tipe STAD hasil belajar siswa di kelas IV SDN 1 Lupoyo Kec. Telaga Biru akan meningkat Adapun tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Hasil penelitian pada siklus I untuk hasil belajar siswa dengan perolehan nilai minimal 75 nampak hanya 23 orang siswa atau 68 %. Sedangkan untuk tindakan pembelajaran siklus II, hasil belajar siswa telah meningkat hingga mencapai 94 % atau 32 oang siswa dari hasil sebelumnya
Dari hasil penelitian tindakan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD maka hasil belajar siswa di kelas IV SDN I Lupoyo Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo akan meningkat.
Kata kunci : Hasil Belajar dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD
Download berkas