SKRIPSI

Penulis / NIM
HAMIDA ABD. WAHAB IBRAHIM / 151411391
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Abstrak
ABSTRAK Hamida Abd. Wahab Ibrahim. 2013. Meningkatkan Kemampuan menentukan besar sudut dengan satuan derajat dengan menggunakan Model Pembelajaran Langsung (Direct Insturction) Pada Siswa Kelas IV SDN 7 Bilato. Pembimbing I: Dra. Syamsiar Rifai, M.Pd, Pembimbing II: Dra. Martianty Nalole, M.Pd Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “apakah penggunaan model pembelajaran langsung (direct instruction) dapat meningkatkan kemampuan menentukan besar sudut dengan satuan derajat?”. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menentukan besar sudut dengan satuan derajat dengan menggunakan model pembelajaran langsung (direct insturction) pada siswa kelas IV SDN 7 Bilato. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Dengan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menentukan besar sudut dengan satuan derajat dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran langsung. Pada siklus I siswa yang mampu menentukan besar sudut dengan satuan derajat sebanyak 12 siswa atau 60% dan yang tidak mampu sebanyak 8 siswa atau 40%. Hal ini belum sesuai dengan indicator kinerja yakni minimal 75% siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai KKM 75 ke atas sehingga dilanjutkan pada siklus ke II. Pada siklus II menjadi 80% atau 16 dari 20 siswa yang ada di SDN 7 Bilato Kabupaten Gorontalo. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Pembelajaran Langsung (Direct Insturction), kemampuan menentukan besar sudut dengan satuan derajat Kelas IV SDN 7 Bilato Kabupaten Gorontalo meningkat. Kata Kunci: Kemampuan, Besar Sudut, Model Pembelajaran Langsung
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011