Penulis / NIM
REPLIN AHMAD KILO / 151411392
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Abstrak
ABSTRAK
Replin Ahmad Kilo. 2013. Meningkatkan hasil belajar tentang Lingkungan Sehat Pada Siswa Kelas III SDN 7 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Gorontalo. Pembimbing I, Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd, MPd dan Pembibing II. Dr. Lukman AR Laliyo, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah hasi belajar tentang lingkungan sehat dapat ditingkatkan dengan menerapkan metode bermain peran (role playing) pada siswa kelas III SDN 7 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar tentang lingkungan sehat melalui metode bermain peran (role playing) pada siswa kelas III SDN 7 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu obsevasi, dan test . Penelitian ini dilaksanakan di SDN 7 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo dengan karakteristik subjek penelitian adalah siswa kelas III yang berjumlah 22 orang yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 10 orang perempuan, penelitian ini berlangsung dua siklus, pada siklus I yang memperoleh nilai 70 ke atas adalah13 orang (59,1%) dan pada siklus II meningkat menjadi 20 siswa atau 90,9% yang tuntas hasil belajarnya. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan maka penulis menyimpulkan bahwa dengan menggunakan metode bermain peran (role playing) dapat meningkatkan hasil belajar tentang lingkungan sehat pada siswa kelas III S DN 7 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci: Hasil Belajar dan Metode Bermain Peran
Download berkas