SKRIPSI

Penulis / NIM
RATNA M KULI / 151411400
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK RATNA M. KULI NIM 151 411 400. Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Hitung Campuran Bilangan Cacah Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Siswa Kelas III SDN 11 Tabongo. Skripsi Program Studi S1 PGSD jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo . Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share, dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal hitung campuran bilangan cacah pada siswa kelas III SDN 11 Tabongo Kabupaten Gorontalo? Adapun yang menjadi tujuan utama dalam penelitian ini yaitu meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal hitung campuran bilangan cacah melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share, pada siswa kelas III SDN 11 Tabongo kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang meliputi 4 tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap pemantauan dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Tehnik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I dari 22 siswa hanya 11 siswa atau 50% yang mampu menyelesaikan soal hitung campuran bilangan cacah. Dan 11 siswa atau 50% belum mampu menyelesaikan soal hitung bilangan cacah. Hal ini belum sesuai dengan indikator kinerja yang telah ditetapkan yakni 70 sehingga dilanjutkan pada siklus ke II. Pada siklus II siswa yang mampu menyelesaikan Soal Hitung Campuran Bilangan Cacah Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share sebanyak 18 siswa atau 81,8% dan yang belum mampu 4 siswa atau 18,2%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share, kemampuan menyelesaikan soal hitung campuran bilangan cacah pada siswa kelas III SDN 11 Tabongo Kabupaten Gorontalo meningkat Kata Kunci: Kemampuan , Bilangan Cacah, Think Pair Share.( TPS )
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011