SKRIPSI

Penulis / NIM
HASAN TANGAHU / 151411401
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
DR. MUCHTAR AHMAD, S.Pd, M.Si / 0004057805
Abstrak
Abstrak Permasalahan dalam pembelajaran ini adalah apakah akan meningkat pemahaman belajar siswa Melalui Model Pembalajaran STAD di Kelas IV SD Inpres Manawa Kabupaten Pohuwato. Sedangkan tujuan untuk mengetahui meningkat pemahaman belajar siswa melalui Model pembelajaran STAD di Kelas IV SD Inpres Manawa Kabupaten Pohuwato. Hasil penelitian dan pembahasan diatas, hasil analisis data melalui penelitian tindakan dengan menggunakan metode pembelajaran STAD menunjukkan bahwa pemahaman belajar siswa cenderung mengalami peningkatan jauh sebelum diterapkan model pembelajaran STAD di Kelas IV SD Inpres Manawa Kabupaten Pohuwato dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian PTK, metode ini dimaksudkan untuk meningkat pemahaman belajar siswa Melalui Model Pemebalajaran STAD di Kelas IV SD Inpres Manawa Kabupaten Pohuwato pada pelajaran IPS. Model pembelajaran Student Team-Achievement Division (STAD) juga dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa. Peningkatan pemahaman belajar diperoleh dari hasil tes tindakan pada setiap siklus, dimana siklus I menunjukkan bahwa pemahaman belajar siswa bias memperoleh nilai 62% siswa atau 16 orang siswa yang mencapai KKM dan yang belum mencapai KKM sebesar 38% atau 10 orang siswa dari keseluruhan siswa di SD Inpres Manawa Kecamatan Patilanggio yang berjumlah 26 orang yang masih perlu ditingkatkan pemahaman belajarnya secara berkelanjutan, dan hasil penindakan pada siklus II mencapai 88% atau 24 orang siswa yang mencapai ketuntasan dan yang masih mengalami masalah belajar sekitar 12% atau 3 orang siswa yang belum memenuhi KKM. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi " Jika digunakan model pembelajaran Student Team-Achievement Division (STAD) maka pemahaman belajar siswa dalam materi menghargai berbagai peninggalan sejarah di lingkungan pada pembelajaran IPS dapat ditingkatkan" dapat dinyatakan diterima. Kata Kunci : STAD, Peninggalan Sejarah
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011