Penulis / NIM
DURCE RUITANG / 151411403
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Durce Ruitang. 2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Tema Kegemaran di Kelas 1 SDN Karangetang Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato. Skripsi PPKHB Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd., M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan siswa membaca permulaan melalui tema kegemaran di kelas I SDN Karangetan Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca permulaan melalui tema kegemaran di Kelas 1 SDN Karangetang Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato.
Metode yang dipakai dalam penelitian tindakan kelas. Data hasil menunjukan pada tahap observasi awal, dari 13 orang siswa terdapat 23.08% atau 3 orang siswa yang dapat membaca dengan baik, sementara siswa yang tingkat kemampuan membacanya masih rendah jumlahnya sebanyak 10 orang siswa 76.92%. kemudian pada siklus I, bahwa kemampuan siswa yang tuntas hanya mencapai 61.53% atau 8 orang siswa. Setelah diadakan refleksi dan perbaikan pembelajaran pada siklus II, kemampuan siswa meningkat sebesar 84.61% atau 11 orang siswa. Dengan perbandingan siklus I ke siklus II mencapai 75% peningkatan kemampuan belajar siswa.
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Pembelajaran Tematik kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I SDN Karangetang Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato meningkat.
Kata Kunci : Kemampuan, Membaca Permulaan, Tema Kegemaran
Download berkas