Penulis / NIM
HASNA UTI / 151411405
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK
Hasna Uti. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui metode Bermain Peran
materi pemerintahan Desa dan Kecamatan di Kelas IV SDN Inpres Padengo
Kecamatan Dengilo. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu
Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Elmia Umar, M.Pd
dan Pembimbing II Nurhayati Tine, S.Pd.I, M.H.I.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode
bermain peran materi pemerintahan desa dan kecamatan di Kelas IV SDN Inpres
Padengo Kecamatan Dengilo
Metode yang dipakai dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian
ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu, Tahap persiapan,
Tahap pelaksanaan tindakan, Tahap pemantauan dan evaluasi, Tahap analisis dan
refleksi
Berdasarkan uraian hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran dengan
menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar Pelajaran PKn
materi Pemerintahan Desa dan Kecamatan siswa yang ditunjukkan dengan
Pemahaman Konsep, Penalaran dan Komunikasi, Pemecahan Masalah,
Mengembangkan instrumen penilaian hasil belajar. Kegiatan bermain peran telah
memberi pengaruh yang positif dan signifikan dalam meningkatkan hasil belajar
siswa materi Pemerintah Desa dan Kecamatan, dari 9 orang atau 37.5% yang sudah
tuntas meningkat menjadi 19 siswa atau 79.16%. Dengan melihat hasil yang
diperoleh, maka hipotesis yang berbunyi "Jika guru menerapkan Metode bermain
peran maka dapat meningkatkan hasil belajar pada materi susunan Pemerintahan
Desa dan Kecamatan mata pelajaran PKn Kelas IV SDN Inpres Padengo Kecamatan
Dengilo" teruji kebenarannya.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Bermain Peran
Download berkas