Penulis / NIM
ABDUL GANI AHMAD KOEM / 151411407
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
ABSTRAK
Abdul Gani Ahmad Koem. 2013. MeningkatkanKemampuan Menentukan
Keliling dan Luas Jajar Genjang Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
STAD (Student Teams-Achievement Division)PadaSiswa Kelas IV SDN 24
Limboto KabupatenGorontalo. Skripsi, Program Studi S-1 PGSD, Jurusan
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri
Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Asni Ilham, S.Pd.,M.Si. dan Pembimbing II
Ismail Pioke, S.Pd.,M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah kemampuan menetukan keliling
dan luas jajargenjang dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif
tipe STAD (Student Teams Achievment division) pada siswa Kelas IV SDN 24
Limboto Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
kemampuan menentukan keliling dan luas jajargenjang melalui model
pembelajaran kooperatif tipe STAD(Student Teams Achievment division) pada
siswa kelas IV SDN 24 Limboto Kabupaten Gorontalo.
Metode yang digunakandalampenelitianiniadalahmetodePenelitianTindakanKelas
(PTK).Latarpenelitianiniberlokasi di SDN 24 Limboto Kabupaten Gorontalo dan
subjeknya siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa dengan komposisi 7 laki-laki
dan 13 perempuan. Teknik pengumpulan data dalampenelitianiniadalahobservasi,
wawancara, tes dan dokumentasi dananalisis data yang digunakana dalahan alisis
deskriptif. Penelitianinidilaksanakandalamduasiklus dengan 4 tahap yaitu
persiapan, pelaksanaan, pemantuan dan evaluasi, analisis dan refleksi.
Hasilpenelitianmenunjukkanadapeningkatankemampuanmenentukan keliling dan
luas jajargenjang.Capaiankemampuanpadasiklus I menunjukanbahwadari 20siswa
yang dikenaitindakan12siswaatau63% yang dikenai tindakan memperoleh nilai 70
keatas sehingga belum mencapai indikator dan dilanjutkan kesiklus II.
Sedangkanpadasiklus II meningkatmenjadi17siswaatau 81.5% yang memperoleh
nilai 70 keatas, dengan demikian indikator telah tercapai dan tindakan
pembelajaran dianggap tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams-Achievement
Divisiaon), kemampuan menentukan keliling dan luas jajargenjang pada siswa
kelas IV SDN 24 Limboto Kabupaten Gorontalo meningkat.
Kata kunci : Kemampuan, keliling, luas, jajargenjang dan STAD (Student Teams–
Achievement Divisions)
Download berkas