SKRIPSI

Penulis / NIM
HERMANTO DAI / 151411408
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK Hermanto DaI. 2014. Meningkatktan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur Daun Dengan Fungsinya Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah di Kelas IV SDN 12 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1-PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Lukman A.R Laliyo, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah pendekatan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi struktur daun dengan fungsnya di kelas IV SDN 12 Limboto. dengan tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pendekatan pembelajaran berbasis masalah pada materi struktur daun tumbuhan dikelas IV SDN 12 Limboto. Adapun Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 34 siswa kelas IV SDN 12 Limboto. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis presentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahapan yaitu: tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa dengan dua siklus ini indikator kinerja yang telah dirumuskan tercapai dengan baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I. Siswa yang hasil belajarnya telah mencapai ketuntasan kriteria minimum pada mata pelajaran IPA yang telah ditetapkan sekolah yakni 75 sebanyak 27 siswa dengan presentase 79,4%. Sedangkan pada siklus II, Siswa yang hasil belajarnya telah mencapai ketuntasan sebanyak 34 siswa dengan presentase 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi struktur daun dengan fungsinya di kelas IV SDN 12 Limboto Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci: Hasil Belajar, Struktur Daun, Pembelajaran Berbasis Masalah.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011