SKRIPSI

Penulis / NIM
ASMA UNTELE MENU / 151411409
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK Asma U Menu. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sumber Daya Alam di kelas IV SDN 18 Pulubala melalui Model Koperatif Tipe Example Non Example. Skripsi. S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II: Drs. Djotin Mokoginta, M.Pd Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa Kelas IV SDN 18 Pulubala Kabupaten Gorontalo pada materi sumber daya alam dapat ditingkatkan melalui model koperatif tipe example non example. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam melalui model koperatif tipe example non example pada siswa kelas IV SDN 18 Pulubala Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Dengan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap awal, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model koperatif tipe example non example mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam pada siswa kelas IV SDN 18 Pulubala Kabupaten Gorontalo. Berdasarkan ketuntasan jumlah siswa menunjukkan bahwa pada observasi awal jumlah siswa yang tuntas hanya sebanyak 10 siswa atau 33,33%, pada siklus I meningkat menjadi 18 siswa yang tuntas atau 60%, sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas meningkat menjadi 16 siswa atau 86,67%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa “Jika digunakan model koperatif tipe example non example maka hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam siswa kelas IV SDN 18 Pulubala Kabupaten Gorontalo dapat meningkat.” Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Model example non example.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011