SKRIPSI

Penulis / NIM
WAWAN MUHSIN / 151411410
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Abstrak
ABSTRAK WAWAN MUHSIN. 2013. Meningkatkan Keterampilan Menyelesaikan Pembagian Pecahan Melalui Metode Pembelajaran Tipe Tournament Game Team (TGT) Pada Siswa Kelas VI SD Inpres Popaya Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd dan Dra. Martianty Nalole, M.Pd selaku Pembimbing I dan pembimbing II Universitas Negeri Gorontalo. Selama ini pembelajaran matematika di kelas VI SD Inpres Popaya dilakukan dengan komunikasi verbal. Keterlibatan peserta didik maupun penggunaan media dalam pembelajaran masih sangat terbatas. Di samping itu hasil belajar peserta didik pada materi pecahan masih rendah, ditunjukkan dengan rata-rata kelas hanya mencapai 6,17 dan ketuntasan belajar kelas sebesar 50%. Sebagai solusi alternatif, dilaksanakan melalui metode Pembelajaran Tipe Tournament Game Team (TGT) dalam pembelajaran matematika pada materi pembagian pecahan melalui penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan keterampilan menyelesaikan pembagian pecahan pada siswa kelas VI SD Inpres Popaya kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “adalah "Apakah melalui model pembelajaran Tipe Turnament Game Team (TGT) dapat meningkatkan keterampilan menyelesaikan pembagian pecahan pada Siswa Kelas VI SD Inpres Popaya Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato”?. Tujuan penelitian ini adalah Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan menyelesaikan pembagian pecahan melalui model pembelajaran Tipe Turnament Game Team (TGT) pada siswa kelas VI SD Inpres Popaya Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan evaluasi, serta refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes dan wawancara. Siklus I dilaksanakan pada 4 Desember 2012 dan siklus II dilaksanakan pada 15 Desember 2012. Pada setiap siklus dilakukan pengamatan terhadap aktivitas siswa dan evaluasi terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini memperoleh hasil evaluasi siklus I dengan rata-rata mencapai 56,11 dan ketuntasan belajar kelas 50%, dan keaktifan siswa mencapai 50%, serta hasil evaluasi siklus II dengan rata-rata mencapai 78,89, ketuntasan belajar kelas 69,44%, dan keaktifan siswa 80% dengankriteria baik. Hasil evaluasi siklus II telah mencapai indikator keberhasilan yaitu ketuntasan belajar individual minimal 65, ketuntasan belajar kelas 65%, dan keaktifan peserta didik mencapai skor 2,6 atau 65% dengan kriteria baik. Penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa dengan melalui metode Pembelajaran Tipe Tournament Game Team (TGT) dapat meningkatkan keterampilan menyelesaikan pembagian pecahan pada siswa kelas VI SD Inpres Popaya Kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011