Penulis / NIM
LIDYA MOMIN / 151411411
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Abstrak
ABSTRAK
Lidya Momin. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Adaptasi Hewan Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas V SDN 7 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Dr.Lukman A.R. Ladiyo,Mpd,MM.
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar adaptasi hewan pada siswa kelas V SDN 7 Limboto Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar adaptasi hewan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas V SDN 7 Limboto kabupaten Gorontalo.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Langkah dalam penelitian ini yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I pertemuan 1 menunjukkan bahwa, dari 16 orang siswa yang dikenakan tindakan, 11 orang atau 68,75% yang mencapai nilai 75 ke atas atau pada kategori penilaian baik dan sangat baik. Persentase ini meningkat pada siklus I pertemuan 2. Dari 16 orang siswa yang dikenakan tindakan, sudah 14 siswa atau 87,5% yang mencapai nilai 75 ke atas atau pada kategori penilaian baik dan sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaraan kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar adaptasi hewan pada siswa kelas V SDN 7 Limboto kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci: Kooperatif Jigsaw, Adaptasi Hewan
Download berkas