Penulis / NIM
RIKO BOTUTIHE / 151411413
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK
Riko Botutihe, 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Lingkungan Sehat Melalui Model Group Investigasi Di Kelas III SDN 6 Limboto Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Program PPKHB, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Drs. Ahmad Lamusu,S.Pd. M.Pd, Pembimbing II. Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd. M.Pd
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui model Gorup Investigasi hasil belajar siswa kelas III SDN 6 Limboto Kecamatan Limboto dalam pelajaran IPA dapat ditingkatkan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA melalui model Group Investigasi. Hasil penelitian dilaksanakan di kelas III SDN 6 Limboto yang berjumlah 30 orang dan bekerja sama dengan guru di sekolah tersebut sebagai guru mitra yang dilaksanakan dalam 2 siklus terlihat bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa melalui model Group Investigasi. Hal ini telah dibuktikan oleh hasil analisis terhadap data yang dikumpulkan. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa indikator kinerja dalam penelitian ini telah dicapai sebesar 80%. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Metode dalam penelitian ini adalah tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian bahwa hasil belajar siswa telah meningkat dengan rincian hasil siklus I mencapai 64,66 dengan persentase ketuntasan 53%, siklus II meningkat menjadi 74,00 dengan persentase ketuntasan 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Group Investigasi sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 6 Limboto Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : hasil belajar dan model Group Investigasi.
Download berkas