Penulis / NIM
MASRIANY AJUB / 151411416
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK
Masriany Ajub. 2013. Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Melalui Metode
latihan Pada Siswa Kelas V SDN 23 Pulubala Kabupaten Gorontalo. Skripsi. S1
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri
Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II: Dra.
Dajani Suleman, M.Hum
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan melalui model
pembelajaran round table dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa
Kelas SDN 23 Pulubala Kabupaten Gorontalo?”. Sedangkan tujuan penelitian ini
adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi melalui metode latihan pada
siswa kelas V SDN 23 Pulubala Kabupaten Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas.
Dengan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data
yang digunakan adalah analisis persentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus.
Hasil penelitian menunjukkan tahap observasi awal tingkat rata-rata kemampuan
siswa dalam membaca puisi hanya sebesar 40% atau 8 dari 20 siswa. Pada siklus I
terjadi peningkatan kemampuan menjadi 65% atau 13 siswa. Selanjutnya pada
siklus yang ke II terjadi peningkatan menjadi 85% atau 17 dari 20 orang siswa kelas
V SDN 23 Pulubala Kabupaten Gorontalo yang dapat membaca puisi dengan baik.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam
membaca puisi dapat ditingkatkan melalui penggunaaan metode latihan. Terkait
temuan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa jika digunakan metode latihan, maka
kemampuan membaca puisi siswa kelas V SDN 23 Pulubala Kabupaten Gorontalo
dapat ditingkatkan
Kata Kunci: Kemampuan, Membaca Puisi, Metode latihan
Download berkas