SKRIPSI

Penulis / NIM
TRY SURYANDARI / 151411417
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Abstrak
ABSTRAK Tri Suryandari.2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Melalui Model Jigsaw pada Siswa Kelas IV SDN 1 Pulubala Kabupaten Gorontalo. Skripsi. S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si, Pembimbing II:Muchtar Ahmad, S.Pd, M.Si Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Apakah hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Pulubala Kabupaten Gorontalo dalam materi keragaman suku bangsa dan budaya dapat ditingkatkan melalui penggunaan model Jigsaw?”. Sedangkan tujuan penelitian ini adalahuntuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi keragaman suku bangsa dan budaya melalui model jigsaw pada pembelajaran IPS kelas IV di SDN 1 Pulubala Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodepenelitian tindakan kelas. Dengan teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel input, proses dan output. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus Hasil penelitian menunjukkan bahwahasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS pada materi keragaman suku bangsa dan budaya dapat ditingkatkan melalui penggunaan model pembelajaran Jigsaw. Pada observasi awal hanya sebesar hanya sebanyak 8 siswa (40%) dari 20 siswa yang memiliki hasil belajar tuntas, pada siklus I mengalami peningkatan menjadi14 siswa (70%). Selanjutnya pada siklus II jumlah ini mengalami peningkatan menjadi 85 % atau 17 dari 20 siswa yang ada di SDN 1 Pulubala Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa “Jika digunakan Model Jigsaw mampu meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keragaman Suku Bangsa Dan Budayapada Siswa Kelas IV SDN 1 Pulubala Kabupaten Gorontalo” Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Model Jigsaw.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011