Penulis / NIM
AISA H. RAHMAN / 151411418
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Aisa Rahman. 2013. Meningkatkan kemampuan siswa menentukan pikiran pokok melalui model CIRC di kelas IV SDN 5 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Skripsi Program PPKHB Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd and Pembimbing II Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd. M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah melalui model CIRC kemampun siswa kelas IV SDN 5 Telaga Jaya menentukan pikiran pokok dapat meningkat.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data observasi awal yang mampu sebanyak 3 orang siswa (13%) Berdasarkan hasil pelaksanaan tindakan pada siklus I ada 10 orang siswa (45%) yang mampu menentukan pikiran pokok dan pada siklus II siswa yang mampu menentukan pikiran pokok berjumlah 17 orang siswa (77%) .
Simpulan dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa menentukan pikiran pokok melalui model CIRCdi kelas IV SDN 5 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo dengan hasil yang dicapai pada siklus II lebih meningkat dari hasil pelaksanaan tindakan siklus I dan hasil yang dicapai pada siklus II telah mencapai indikator kinerja maka peneliti tidak melakukan tindakan selanjutnya.
Kata kunci : Kemampuan, pikiran pokok, model CIRC
Download berkas