Penulis / NIM
KARLINA M HUNTOJOO / 151411419
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Abstrak
ABSTRAK
Karlina M. Huntojoo. 2013. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Terhadap Bagian-Bagian Tumbuhan Melalui Metode Karyawisata Pada Siswa Kelas IV SDN 9 Biluhu Kabupaten Gorontalo”. Skripsi. SI Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing I: Prof.Dr.H.Abdul Haris Panai,S.Pd,M.Pd, Pembimbing II: Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa terhadap bagian-bagian bunga melalui metode karyawisata pada siswa kelas IV SDN 9 Biluhu Kabupaten Gorontalo. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 9 Biluhu Kabupaten Gorontalo yang berjumlah 26 orang siswa terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Dengan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap awal, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode karyawisata mampu meningkatkan hasil belajar siswa melalui materi bagian-bagian bunga. Pada observasi awal rata-rata siswa yang memiliki hasil belajar tuntas yaitu sebanyak 9 siswa (34.61%) dari 26 siswa kelas IV SDN 9 Biluhu. Pada siklus I meningkat menjadi 16 siswa (61.53%) dan pada siklus II meningkat menjadi 22 siswa (84.61%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ” Jika digunakan metode karyawisata maka hasil belajar siswa melalui materi bagian- bagian bunga pada siswa kelas IV SDN 9 Biluhu Kabupaten Gorontalo dapat meningkat ”.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Karyawisata
Download berkas