Penulis / NIM
SRI ULFA HAMID / 151411421
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK
Sri Ulfa Hamid. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Wujud Zat Dengan Menggunakan Metode Eksperimen Di Kelas IV SDN 1 Duwanga Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan metode eksperimen pada materi sifat-sifat wujud zat dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV SDN 1 Duwanga Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo?”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat wujud zat dengan menggunakan metode eksperimen di Kelas IV SDN 1 Duwanga Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IV SDN 1 Duwanga Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo yang berusia rata-rata 9-11 tahun dan berjumlah 20 orang anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar siswa belum mencapai indikator yang ditetapkan. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas hanya sekitar 55,00% dengan daya serap klasikal sebesar 69,94%. Oleh sebab itu dilanjutkan ke siklus II. Dari siklus II diperoleh hasil yaitu jumlah siswa yang mengalami ketuntasan sebesar 85,00% dengan daya serap klasikal sebesar 82,00%. Peningkatan hasil belajar menunjukkan telah tercapainya indikator kinerja yang telah ditetapkan. Disimpulkan bahwa metode eksperimen meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA khususnya pada materi sifat-sifat wujud zat.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Eksperimen, sifat-sifat wujud zat
Download berkas