Penulis / NIM
YULAN MAHMUD / 151411422
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Abstrak
ABSTRAK
Yulan Mahmud. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perubahan Wujud Zat Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN 3 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar materi perubahan wujud zat pada siswa di Kelas IV SDN 3 Dungaliyo Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo?.. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar materi perubahan wujud zat melalui metode demonstrasi pada siswa Kelas IV SDN 3 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Subyek penelitian siswa kelas IV yang berusia rata-rata 9 – 11 tahun yang berjumlah 24 orang, terdiri dari 11 orang siswa pria dan 13 orang siswa perempuan.. Hasil pelaksanaan tindakan pada siklus I dengan menerapkan metode demonstrasi, hasil belajar siswa belum mencapai indikator ketuntasan hasil belajar, sebesar 58,33%. Oleh karena itu penelitian dilanjutkan ke siklus berikutnya sebagai refleksi dari siklus I, maka pada siklus I ini dilakukan perbaikan hasil penelitian ke siklus II. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa dimana jumlah siswa yang mengalami ketuntasan bertambah manjadi 83,33%. Kesimpulannya adalah metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA khususnya pada materi perubahan wujud zat.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Demonstrasi
Download berkas