Penulis / NIM
FILDA PAKAYA / 151411424
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Abstrak
ABSTRAK
Filda Pakaya. 2014. Meningkatkan kemampuan siswa mencontoh kata melalui penulisan tegak bersambung di Kelas I SD Inpres Bumi Bahari Kecamatan Popayato. Skripsi PPKHB Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum dan Pembimbing II Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah teknik penulisan tegak bersambung dapat meningkatkan kemampuan siswa mencontoh kata di Kelas I SD Inpres Bahari Kecamatan Popayato. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa mencontoh kata dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui teknik penulisan tegak bersambung di Kelas I SD Inpres Bahari Kecamatan Popayato. Metode yang dipakai dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu, Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan tindakan, Tahap Pemantauan dan evaluasi, Tahap Analisis dan refleksi
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan mulai dari tahap observasi awal sampai pada siklus I dan siklus II, bahwa pada observasi awal dari 15 orang siswa Kelas 1 SD Inpres Bumi Bahari terdapat 6 orang atau 40% siswa yang mampu menulis/mencontoh kata dengan baik dan benar. Kemudian pada siklus I sudah mengalami peningkatan yakni siswa yang mampu sudah menjadi 10 orang atau 67% akan tetapi belum memenuhi indikator kinerja yang diharapkan. Setelah dilanjtkan pada siklus II maka hasil yang diharapkan dapat diperoleh, dimana dari 15 orang siswa, 13 orang siswa atau 87% sudah mampu menulis/mencontoh kata dengan baik dan benar dan telah mencapai indikator kinerja yang diharapkan yakni 75%.
Kata Kunci: Mencontoh Kata, Tegak Bersambung
Download berkas