Penulis / NIM
NURAIN SALEH / 151411425
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK
Nurain Saleh. 2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa Berbicara melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas III SD Inpres Bahari Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato. Skripsi PPKHB Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan siswa berbicara di Kelas III SD Inpres Bumi Bahari Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa melalui metode demonstrasi di Kelas III SD Inpres Bumi Bahari Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato.
Metode yang dipakai dalam penelitian tindakan kelas. penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu, Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan tindakan, Tahap Pemantauan dan evaluasi, Tahap Analisis dan refleksi. Hasil pelaksanaan tindakan siklus I dengan rata-rata keberhasilan guru dalam meningkatkan kemampuan siswa berbicara melalui kegiatan demonstrasi yang sebelumnya pada observasi awal berjumlah 6 orang siswa atau 30% saja, pada siklus I meningkat sebanyak 2 siswa menjadi 8 orang siswa (40%) yang sudah mampu dan pada siklus II mengalami peningkatan yang cukup signifikan yakni menjadi 14 siswa atau 70% yang sudah mampu dan persentase ini sudah memenuhi standar ketuntasan minimal yakni 70%.
Kata Kunci : Kemampuan Berbicara, Metode Demonstrasi
Download berkas