SKRIPSI

Penulis / NIM
NANI MBUINGA / 151411426
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
DR. MUCHTAR AHMAD, S.Pd, M.Si / 0004057805
Abstrak
ABSTRAK Nani Mbuinga, 2013. Judul penelitian"Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Tema Peduli Terhadap Mahkluk Hidup Pelajaran IPS Melalui Model pembelajaran Kooperatif Jigsaw Kelas IV SD Negeri 2 Botubilotahu Kabupaten Pohuwato"dibawah Bimbingan Ibu Dra. Hj. Hakop Walangadi.,M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Muchtar R. Ahmad,S.Pd.,M.Si selaku pembimbing II. Permasalahan dalam pembelajaran ini adalah Apakah Model Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pembelajaran IPS Kelas IV SDN 2 Botubilotahu Kabupaten Pohuwato. Sedangkan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Kelas IV SDN 2 Botubilotahu Kabupaten Pohuwato. Penelitian ini menggunakan metode penelitian PTK, metode ini dimaksudkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil pengujian tindakan melalui siklus I, menunjukkan bahwa siswa yang memperoleh nilai tuntas sebanyak 24 orang siswa atau 75% dan siswa yang memperoleh nilai belum tuntas sebanyak 8 orang siswa atau 25% mengalami peningkatan hasil belajarnya yang dinilai melalui pelaksanaan siklus I yaitu, khususnya pada aspek peduli, sikap dan kerjasama memiliki dampak yang baik dalam meningkatkan hasil belajarnya dengan menggunakan model pemebelajaran Jigsaw. Namun setalah dilakukan pengujian tindakan melalui siklus II hasil belajar menunjukkan bahwa 29 orang siswa atau 90% memperoleh nilai tuntas dan 3 oaran siswa atau 10 % yang belum tuntas hasil belajarnya. Hal ini menunjukkan bahwa dari 32 orang siswa memiliki kecenderungan dan kemauan yang besar untuk mau meningkatkan hasil belajarnya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Botubilotahu, artinya hipotesis dapat diterima. Kata Kunci; Hasil Belajar dan Model Pembelajaran Jigsaw
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011