Penulis / NIM
ABDUL TALIB T.S MAMU / 151411428
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Abstrak
ABSTRAK
Abdul Talib T. S. Mamu. 2013. Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Materi Penggolongan Hewan dengan Media Audio Visual pada Siswa Kelas IV SDN 2 Botubilotahu Kecamatan Marisa. Skripsi, Program Studi S1 PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, tahun 2013. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S. Pd, M. Pd, Pembimbing II Dr. Lukman A. R. Laliyo, M. Pd, MM.
Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV pada materi penggolongan hewan dengan menggunakan media audio visual. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket minat belajar sebagai data utama serta hasil pengamatan melalui lembar observasi dan wawancara sebagai data pendukung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa melalui angket minat belajar pada observasi awal yaitu 34.89 dengan kategori minat kurang dan diperkuat dengan hasil lembar observasi 37.5% dan wawancara 36.4%. Pada siklus 1, minat belajar siswa melalui angket minat belajar adalah 49.23 dengan kategori sedang dan diperkuat dengan hasil lembar observasi 46.8% dan wawancara 47.2 %. Pada siklus 2, minat belajar siswa melalui angket minat belajar adalah 75.46 dengan kategori minat tinggi dan diperkuat dengan hasil lembar observasi 72.3% dan wawancara 71.9 %. Berdasarkan hasil penelitian yang ditunjukkan oleh data utama (angket minat belajar) dan data pendukung (lembar observasi dan wawancara) pada siklus II, maka penelitian ini dinyatakan berhasil. Hasil penelitian ini adalah minat belajar siswa kelas IV dapat ditingkatkan dengan menggunakan media audio visual.
Olehnya itu disarankan 1) Setiap guru hendaklah melaksanakan penelitian tindakan kelas ini sebagai koreksi terhadap pelaksanaan pembelajaran, sehingga pencapaian mutu pendidikan dan pengajaran serta kualitas mengajar guru dapat terwujud. 2) Dalam pelaksanaan tindakan kelas, guru hendaklah mempersiapkan diri secara fisik dan mental, merencanakan kegiatan dengan baik, agar pelaksanaannya benar-benar terarah serta mencapai hasil yang diharapkan.
Kata Kunci : Minat Belajar Siswa dan Media Audio Visual
Download berkas