Penulis / NIM
MARSAPA H. RAUF / 151411429
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Marsapa H. Rauf. 2012. Meningkatkan Kemampuan Siswa Bercerita Melalui Model Cooperatif Script Pada Siswa Kelas V SD Negeri 6 Biluhu Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd dan Pembimbing II, Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd, M.Pd
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan siswa dapat meningkatkan melalui model Cooperatif Script pada siswa Kelas V SD Negeri 6 Biluhu Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo? Adapun tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan Kemampuan Siswa Bercerita Melalui Model Cooperatif Script Pada Siswa Kelas V SD Negeri 6 Biluhu Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Langkah dalam penelitian ini yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi.
Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa, dari 20 orang siswa yang dikenakkan tindakan, 12 orang atau 60% memiliki kemampuan bercerita. Pada siklus II dari 20 oarang siswa yang dikenakan tindakan, 17 orang siswa atau 85% memiliki kemampuan bercerita
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Cooperatif Script meningkatkan kemampuan Siswa Bercerita Melalui Model Cooperatif Script Pada Siswa Kelas V SD Negeri 6 Biluhu Kecamatan Biluhu Kabupaten Gorontalo
Kata Kunci : Kemampuan bercerita dan model Cooperatif Script
Download berkas