Penulis / NIM
MARLINA G. BUHUNGO / 151411430
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Marlina G. Buhungo. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Melalui Metode Demonstrasi Di Kelas V SDN 5 Limboto BaratKabupaten Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Lukman A. R Laliyo, S.Pd, M.Pd, MM dan Pembimbing II Meylan Saleh,S.Pd, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah dengan menggunakan metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi sistem pernapasan manusia di kelas V SDN 5 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 5 Limboto Barat melalui penggunaan metode demonstrasi. Objek penelitian berjumlah 14 orang siswa yang terdiri dari 6 orang siswa perempuan dan 8 orang siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dan instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siswa, dan tes tertulis.
Hasil belajar yang dicapai siswa pada siklus I menunjukkan bahwa dari 14 orang siswa yang dikenakan tindakan, 9 orang atau 64,29% yang mampu. Persentase ini meningkat pada siklus II. Dari 14 orang siswa yang dikenakan tindakan, 13 orang atau 92,86% yang mampu.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia di kelas V SDN 5 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Demonstrasi
Download berkas