ABSTRAK
WirdaKamsia. 2014. “Meningkatkan Kemampuan siswa membaca nyaring melalui model Round Table di Kelas 1 SDN 1 Batudaa Pantai Pantai Kabupaten Gorontalo”. Skripsi Program Studi PPKHB Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dra.Hj. Evi Hasim,M.Pd, Pembimbing II Dra. Dajani Suleman,M.Hum
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah Kemampuan siswa membaca nyaring melalui model Round Table di Kelas 1 SDN 1 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo meningkat? Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa kelas 1 SDN 1 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo, melalui model Round Teble.Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus melalui empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pemantauan dan evaluasi dan tahap analisis dan refleksi.
Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa dari 30 orang siswa yang dikenakan tindakan, 18 orang atau 60% yang mampu membaca nyaring melalui model Round Table. Persentase ini meningkat pada siklus II. Dari 30 orang siswa yang dikenakan tindakan, 23 orang atau 76,7% mampu membaca nyaring melalui model Round Table. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model Roung Table dapat meningkatkan kemampuan membaca nyaringpada siswa kelas I SDN 1 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Kemampuan Siswa, Membaca Nyaring, Model Round Table