Penulis / NIM
SRI SUSILAWATI KAMBA / 151411433
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstrak
ABSTRAK
Sri Susilawati Kamba, NIM. 151 411 433. Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Metode Bermain Peran di Kelas V SDN 1 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Hj.Sumarni Mohamad, S.Pd.M.Pd, dan Pembimbing II, Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd.M.Pd.
Rumusan masalah “Apakah metode bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 1 Batudaa Pantai ?” dengan tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui metode bermain peran pada siswa Kelas V SDN 1 Batudaa Pantai.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus pada siswa Kelas V SDN 1 Batudaa Pantai.
Hasil metode penelitian menunjukan bahwa pada siklus I untuk pemerolehan nilai keterampilan berbicara siswa mengalami peningkatan hingga mencapai 75% atau 15 dari 20 orang siswa, pada tindakan siklus II keterampilan berbicara siswa meningkat menjadi 90% atau 18 dari 20 orang siswa. Dengan demikian kesimpulan hasil penelitian ini adalah metode bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa Kelas V khususnya di SDN 1 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Disimpulkan bahwa keterampilan berbicara siswa melalui metode bermain peran di kelas V SDN 1 Batudaa Pantai sudah baik dan mencapai standar ketuntasan yang ditetapkan.
Kata Kunci: Keterampilan Berbicara¸ dan Metode Bermain Peran
Download berkas