Penulis / NIM
MARYAM YUSUP / 151411434
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK
Maryam Yusup. 2013. Meningkatkan kemampuan Siswa Menulis Kata Melalui Media Kontekstual Di Kelas I SDN 2 Daenaa Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Program PPKHB. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd. Pembimbing II. Dra. Dajani Suleman, M.Hum.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : apakah melalui media kontkstual kemampuan siswa Kelas I SDN 2 Daenaa Kecamatan Limboto Barat dalam menulis kata dapat ditingkatkan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menuis kata melalui media kontekstual. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik observasi dan tes kemampuan siswa. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif deskriptif presentase.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data observasi awal dari 25 siswa, yang sudah mampu menulis adalah 9 siswa atau 36%. Pada siklus I meningkat menjadi 12 siswa atrau 48% dan pada siklus II menjadi 20 siswa atau 80% yang sudah mampu menulis kata.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa menulis kata melalui media kontekstual di kelas I SDN 2 Daenaa Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo Meningkat.
Kata Kunci : Kemampuan, Menulis, Dan Media Kontekstual
Download berkas