Penulis / NIM
ERLINANG POTUTU / 151411439
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Abstrak
ABSTRAK
Erlinang Potutu. 2013. Meningkatkan Kemampuan Menulis Isi Karangan Dengan Menggunakan Media Film Kartun Pada Siswa Kelas V SDN 8 Mananggu Kabupaten Boalemo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum dan Pembimbing II DR. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan media film kartun, kemampuan menulis isi karangan pada siswa Kelas V SDN 8 Mananggu Kabupaten Boalemo akan meningkat? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis isi karangan dengan menggunakan media film kartun.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, dari jumlah siswa sebanyak 26 orang, siswa yang memperoleh nilai yang mencapai indikator kinerja 75 sebanyak 12 orang (46,15%) sedangkan pada siklus II meningkatkan menjadi 22 orang (84,62%). Sementara siswa yang tidak mencapai nilai ketuntasan atau di bawah indikator kinerja pada siklus I berjumlah 14 orang (53,85%) sedangkan pada siklus II turun menjadi 4 orang (15,38%). Hasil capaian ini melebihi target yang telah ditetapkan pada indikator keberhasilan yakni 75% dari jumlah siswa sebanyak 26 orang dengan indikator kinerja sebesar 75 ke atas.
Simpulan dalam penelitian ini adalah bahwa kemampuan menulis karangan deskriptif pada siswa kelas V SDN 8 Mananggu Kabupaten Boalemo dapat ditingkatkan melalui penggunaan media film kartun. Dengan demikian bahwa indikator kinerja yang telah ditetapkan tercapai.
Kata Kunci : Menulis Karangan dan Media Film Kartun
Download berkas