Penulis / NIM
ANITA K. PIPII / 151411440
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
DR. MUCHTAR AHMAD, S.Pd, M.Si / 0004057805
Abstrak
ABSTRAK
Anita K. Pipii. 2014. Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Kenampakan Alam Dan Keadaan Sosial Negara-Negara Tetangga Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Di Kelas VI SDN 04 Mananggu Kabupaten Boalemo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si dan pembimbing II Muchtar Ahmad, S.Pd, M.Si
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pemahaman siswa pada materi kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD Di Kelas VI SDN 04 Mananggu Kabupaten Boalemo? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD di Kelas VI SDN 04 Mananggu Kabupaten Boalemo.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tindakan kelas dengan menggunakan analisis data secara kualitatif yang dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, analisis dan refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I sejumlah 20 orang atau 68.12% yang paham dan 11 orang belum paham atau 35.48%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 28 orang atau 90.32% dan 3 orang belum paham atau 9.68%.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga melalui di Kelas VI SDN 04 Mananggu Kabupaten Boalemo.
Kata Kunci: Pemahaman, Tipe STAD.
Download berkas