Penulis / NIM
ARIEF SETIAWAN SANUSI / 151411441
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Arief Setiawan Sanusi, 2013. Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Rakyat Melalui Model Cooperative Script Bagi Siswa Kelas V SDN 01 Mananggu. Skripsi. Program PPKHB. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd dan Pembimbing II Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd. M.Pd.
Rumusan masalah “Apakah penerapan model cooperative script dapat meningkatkan ketetrampilan menyimak pada siswa kelas V SDN 01 Mananggu ?”, dengan tujuan untuk mengetahui penggunaan model cooperative script dalam meningkatkan keterampilan menyimak cerita rakyat pada siswa kelas V SDN 01 Mananggu Kabupaten Boalemo.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan pada siklus I keterampilan menyimak siswa sebesar 50%, pada siklus II meningkat menjadi 77,27%. Sehingga penelitian ini telah sesuai dengan indikator yang diharapkan yaitu minimal 70% siswa terampil menyimak cerita rakyat.
Dengan demikian disimpulkan bahwa model cooperative script dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita rakyat siswa SDN 01 Mananggu Kabupaten Boalemo.
Kata kunci : menyimak cerita rakyat, cooperative script
Download berkas