Penulis / NIM
FERAWATI SURONOTO / 151411443
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
Abstrak
Ferawati Suronoto. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Negara Kesatuan Republik Indonesia Melalui Model Pembelajaran Tipe STAD dalam Mata Pelajaran PKN di Kelas V SDN 02 Mananggu Kabupaten Boalemo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Program PPKHB. Pembimbing 1: Dra. Elmia Umar, M.Pd dan Pembimbing 2: Samsi Pomalingo,S.Ag.,MA
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi negara kesatuan republik indonesia dalam mata pelajaran PKn di kelas V SDN 02 Mananggu Kec. Mananggu Kab. Boalemo?. sedangkan penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa akan meningkat dengan menerapkan model pembelajaran tipa STAD pada mata pelajaran PKn di kelas V SDN 02 mananggu Kab. Boalemo. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pemantauan dan evaluasi.
subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 02 Mananggu kab. Boalemo. data yang dikumpulkan berupa hasil belajar siswa pada materi negara kesatuan republik indonesia dalam mata pelajaran PKn.
berdasarkan data yang peroleh, maka hipotesis penelitian tindakan kelas ini yang menyatakan bahwa" jika dengan menggunakan model pembelajaran tipe STAD, maka hasil belajar siswa pada materi negara kesatuan republik indonesia dalam mata pelajaran PKn di kelas V SDN 02 Mananggu kab. Boalemo meningkat, dan penelitian ini dapat diterima.
Kata kunci: Hasil belajar dan model pembelajaran Tipe STAD
Download berkas