Penulis / NIM
SELFI BAMBULU / 151411444
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
DR. MUCHTAR AHMAD, S.Pd, M.Si / 0004057805
Abstrak
ABSTRAK
SELFI BAMBULU, 2013. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Numbered Heads Together Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SDN 04 Mananggu”. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Gorontalo.
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini apakah dengan model pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil pembelajaran siswa khususnya materi kenampakan alam sosial dan budaya di kelas IV SDN 04 Mananggu Kecamatan Mananggu Kabupaten Boalemo, yang berjumlah 27 0rang siswa yang terdiri dari 20 orang siswa laki-laki dan 7 orang siswa perempuan. Data hasil penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa telah tercapai peningkatan hasil belajar siswa dalam materi kenampakan alam sosial dan budaya, sebesarn 88% dengan indikator dapat mengidentifikasi manfaat kenampakan alam dan sosail budaya, dapat mengidentifikasi peristiwa alam, dapat mengidentifikasi peristiwa alam dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial di kabupaten/ kota setempat. Dari penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together pada siklus I diperoleh peningkatan hasil belajar siswa sebesar 59% dan pada siklus II peningkatan hasil belajar siswa mencapai 88%. Dengan demikian indikator kinerja yang telah ditetapkan yakni apabila minimal 81,48% atau 22 orang dari 27 siswa hasil belajarnya sudah baik.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Numbered Heads Together
Download berkas