Penulis / NIM
RITA BULANTA / 151411446
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK
Rita Bulanta. 2013. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Metode SAS Pada Siswa Kelas I SDN 13 Mananggu Kabupaten Boalemo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I DR. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan penggunaan metode SAS dalam pembelajaran bahasa Indonesia, kemampuan membaca permulaan pada siswa Kelas I SDN 13 Mananggu Kabupaten Boalemo akan meningkat?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa dengan menggunakan metode SAS.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN 13 Mananggu, dengan jumlah siswa 20, yang terdiri atas laki-laki 10 orang dan perempuan 10 orang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Sedangkan teknik dalam penelitian ini dengan melakukan observasi, tes, dan dokumentasi untuk memperoleh data dalam rangka mendukung pelaksanaan penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, dari jumlah siswa sebanyak 20 orang, siswa yang memperoleh nilai yang mencapai indikator kinerja 70 sebanyak 8 orang (40%), sedangkan pada siklus II meningkatkan menjadi 16 orang (80%). Sementara siswa yang tidak mencapai nilai ketuntasan atau di bawah indikator kinerja pada siklus I berjumlah 12 orang (60%) sedangkan pada siklus II turun menjadi 4 orang (20%). Hasil capaian ini melebihi target yang telah ditetapkan pada indikator keberhasilan yakni 75% dari jumlah siswa sebanyak 20 orang dengan indikator kinerja 70 ke atas.
Simpulan dalam penelitian ini adalah bahwa kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I SDN 13 Mananggu Kabupaten Boalemo dapat ditingkatkan melalui penggunaan metode SAS. Dengan demikian bahwa indikator kinerja yang telah ditetapkan tercapai.
Kata Kunci : Membaca Permulaan dan Metode SAS
Download berkas