Penulis / NIM
MASSUARNI JUSUF DJ. MOHI / 151411448
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Abstrak
ABSTRAK
Masuarni J. DJ. Mohi, 2013. Judul penelitian"Meningkatkan Motivasi
Belajar Siswa Pada Materi Meneladani Patriotisne dan Kepahlawanan Pelajar
IPS Melalui Model Kooperatif Type Jigsaw Kelas IV SD Inpres Patuhuh
Kabupaten Pohuwato"dibawah Bimbingan Ibu Dra. Hj. Hakop Walangadi
pembimbing I dan Bapak Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd.,M.Si selaku pembimbing II.
Permasalahan dalam pembelajaran ini adalah Apakah Model Jigsaw dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa pembelajaran IPS Kelas IV SD Inpres Patuhu
Kabupaten Pohuwato. Sedangkan tujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi
belajar siswa pada materi meneladani patriotisme dan kepahlawanan pembelajaran IPS
Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Kelas IV SD Inpres Patuhu
Kabupaten Pohuwato. Penelitian ini menggunakan metode penelitian PTK, metode ini
dimaksudkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Motivasi belajar siswa ini, sangat erat hubungannya dengan kemampuan guru
menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Meskipun kualitas
pembelajaran dapat ditingkatkan dan telah berdampak pada peningkatan motivasi
belajar siswa, masih perlu pengembangan lebih lanjut. Hal ini sesuai dengan analisis
data hasil penilaian, dimana hasil belajar siswa belum dapat dituntaskan pada siklus I,
sehingga harus diperbaiki dan disempurnakan pada siklus berikutnya (siklus II).
Hasil evaluasi belajar siswa dalam mengukur hasil pengamatan instremen
penelitian tentang motivasi belajar pada siklus I menunjukkan bahwa siswa yang
memperoleh nilai diatas KKM 75% adalah sebanyak 23 orang siswa atau 72% dan
siswa yang memperoleh nilai KKM rendah 9 orang siswa atau 28%. Hasil evaluasi
belajar pada siklus II untuk meningkatkan motivasi belajar siswa menunjukkan bahwa
28 orang siswa atau 88% memperoleh nilai tuntas dan 4 orang siswa atau 12% yang
belum tuntas hasil belajarnya, dari KKM yang ditentukan sekitar 75%. Artinya
semangat belajar siswa cenderung membaik, namun karena keterbatasan guru, fasilitas,
sarana, lingkungan belajar dan sumber belajar serta kurang komitmen orang tua
menjadi hal yang memberi dampak pada proses pembelajaran siswa dikelas.
Kata Kunci; Motivasi, Belajar dan Model Kooperatif Type Jigsaw
Download berkas