SKRIPSI

Penulis / NIM
ASTIN PANIGORO / 151411449
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Pembimbing 2 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Abstrak
ABSTRAK Astin Panigoro. 2013. Meningkatkan keterampilan menghitung luas trapesium melalui model pembelajaran koperatif tipe STAD pada siswa kelas V SDN 2 Pulubala Kabupaten Gorontalo. Skripsi. S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Ismail, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II: Dr. Hj. Asni Ilham, M.Si Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “apakah model pembelajaran koperatif tipe STAD dapat meningkatkan keterampilan menghitung luas trapesium pada siswa kelas V SDN 2 Pulubala Kabupaten Gorontalo?”. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menghitung luas trapesium melalui model pembelajaran koperatif tipe STAD pada siswa kelas V SDN 2 Pulubala Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Dengan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi serta analisis refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Hasil penelitian pada observasi awal menunjukkan hanya terdapat 6 siswa atau 31.58% yang memiliki keterampilan baik dalam menghitung luas trapesium , pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 12 siswa atau 63.16%, sedangkan pada siklus II kembali mengalami peningkatan menjadi 16 siswa atau 84.21%. Terkait temuan tersebut maka model pembelajaran koperatif tipe STAD hendaknya dapat dijadikan sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan keterampilan menghitung luas trapesium . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran koperatif tipe STAD, keterampilan menghitung luas trapesium pada siswa kelas V SDN 2 Pulubala Kabupaten Gorontalo meningkat. Kata Kunci: Keterampilan, luas trapesium, model Pembelajaran Koperatif tipe STAD.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011