Penulis / NIM
RATNA DUPAMANA / 151411451
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Ratna Dupamana, 2013. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyimak Isi Dongeng Melalui Metode Latihan Pada Siswa Kelas III SDN 01 Mananggu Kabupaten Boalemo. Skripsi. Program PPKHB, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Progran PPKHB, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I. Dra. Hj Evi Hasyim, M.Pd. Pembimbing II. Wiwy T.Pulukadang. S.Pd. M.Pd
Rumusan penelitian adalah Apakah kemampuan siswa kelas III SDN 01 Mananggu dalam menyimak isi dongeng dapat ditingkatkan melalui metode latihan? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyimak isi cerita atau dongeng pada siswa kelas III SDN 01 Mananggu Kabupaten Boalemo.
.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Pengumpulan data diperoleh dengan teknik deskriptif kualitatif. Kemampuan siswa menyimak isi dongeng pada observasi awal adalah 8% atau 2 siswa dari 25 siswa. Siklus I adalah 52% atau 13 siswa dari 25 siswa dan siklus II mencapai 80% atau 20 siswa dari 25 siswa.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode latihan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyimak isi cerita pada kelas III SDN 01 Mananggu Kecamatan Mananggu Kabupaten Boalemo.
Kata Kunci : Kemampuan, Menyimak, Metode Latihan.
Download berkas