Penulis / NIM
HASNAH BUMULO / 151411452
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Hasnah Bumulo. 2013. Meningkatkan Kemampuan Menulis Kata Melalui Kartu Kata Pada Siswa Kelas I SDN 1 Bulalo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi Program PPKHB. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum dan Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd
Rumusan dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan kartu melalui kemampuan menulis kata di kelas I SDN 1 Bulalo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara dapat ditingkatkan? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis kata melalui kartu pada siswa kelas I SDN 1 Bulalo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di kelas yang terdiri dari 2 siklus. Data diperoleh dengan teknik deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peningkatan kemampuan yang dicapai oleh siswa pada observasi awal 41.67%, siklus I meningkat menjadi 75%, dan siklus II meningkat menjadi 95.83%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa menulis kata melalui kartu kata pada siswa kelas I SDN 1 Bulalo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara.
Kata Kunci: Kemampuan, Menulis Kata, Kartu.
Download berkas