SKRIPSI

Penulis / NIM
I NYOMAN ARYA ARSANA / 151411454
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK I Nyoman Arya Arsana. 2013. Meningkatkan Kemampuan Menemukan Rumus Keliling dan Luas Persegi Panjang Dengan Menggunakan Metode Inkuiri Pada Siswa Kelas IV SD Kelas Jauh Batara Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Dra. Martianty Nalole, M.Pd, dan Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd. Permasalahan pada penelitian ini yaitu apakah dengan menggunakan metode Inkuiri dapat meningkatkan kemampuan menemukan rumus keliling dan luas persegi panjang pada siswa kelas IV SD Kelas Jauh Batara Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menemukan rumus keliling dan luas persegi panjang dengan menggunakan metode inkuiri pada siswa kelas IV SD Kelas Jauh Batara Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Kelas Jauh Batara. Prosedur pelaksanaan pada tiap suklus melalui 4 tahapan yaitu tahap persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada pelaksanaan tindakan siklus I kemampuan siswa dalam menemukan rumus keliling dan luas persegi panjang belum mencapai indikator kinerja. Dari 11 siswa yang dikenai tindakan, yang tuntas sebanyak 6 orang atau 54,55 % dan yang tidak tuntas sebanyak 5 orang atau 45,45 %. Sedangkan pada siklus II, jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 9 orang atau 81,81 % dan yang tidak tuntas mengalami penurunan menjadi 2 orang atau 18,19 %. Jadi, pada siklus II terjadi peningkatan kemampuan menemukan rumus keliling dan luas persegi panjang yaitu dari 54,55 % menjadi 81,81 % ini berarti indikator kinerja telah tercapai. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode inkuiri, kemampuan menemukan rumus keliling dan luas persegi panjang pada siswa kelas IV SD Kelas Jauh Batara meningkat. Kata Kunci : Kemampuan, Menemukan, Rumus Persegi Panjang, Inkuiri
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011