Penulis / NIM
ZAINUN DIKSON HINTA / 151411460
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
ABSTRAK
Zainun Dikson .Hinta. 2013. Meningkatkan kemampuan menuliskan tanda waktu dengan notasi 24 jam melalui media jam pada siswa kelas V SDN 17 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Asni Ilham S.Pd. M.Pd dan pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd,M.Pd.
Rumusan masalah “Apakah melalui media jam kemampuan dalam menuliskan tanda waktu dengan notasi 24 jam pada siswa kelas V SDN 17 Limboto Kabupaten Gorontalo dapat meningkat?” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menuliskan tanda waktu dengan notasi 24 jam pada siswa kelas V SDN 17 Limboto Kabupaten Gorontalo melalui media jam.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas V SDN 17 Limboto Kabupaten Gorontalo dalam 2 siklus yang meliputi 4 tahap prosedur penelitian yaitu : persiapan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi, analisis dan refleksi. Tekhnik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi
Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I terdapat 10 atau 66% dari 30 siswa yang memperoleh nilai 65 ke atas. Dengan demikian, indikator yang ditetapkan yakni 75% siswa memperoleh nilai 65 ke atas belum tercapai sehingga dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II terdapat 84%. Siswa yang memperoleh nilai 65 ke atas. Ini berarti tindakan pembelajaran dianggap tuntas. Kesimpulannya adalah melalui media jam kemampuan menuliskan tanda waktu dengan notasi 24 jam pada siswa kelas V SDN 17 Limboto Kabupaten Gorontalo meningkat.
Kata kunci : Kemampuan, Tanda Waktu, Media Jam.
Download berkas