Penulis / NIM
DJAMILA DUDA / 151411462
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Djamila Duda. 2013 Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Teks Percakapan Melalui Media Gambar Di Kelas IV SDN 1 Limboto Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Program PPKHB. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dra.Hj. Evi Hasim, M.Pd, Pembimbing II. Wiwy Triyanty Pulukadang, M.Pd
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah melalui media gambar kemampuan menulis teks percakapan siswa kelas IV SDN 1 Limboto Kecamatan Limboto meningkat?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks percakapan melalui media gambar.Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan teknik observasi dan tes kemampuan siswa. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif deskriptif persentase.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil observasi awal, dari 30 siswa, yang sudah mampu menulis teks percakapan sebanyak 3 orang atau 10% dan yang belum mampu sebanyak 27 orang atau 90% dari 30 siswa. Pada siklus I meningkat menjadi 13 siswa atau 43%, dan pada siklus II siswa yang telah mampu sebanyak 24 siswa atau 80% sedangkan yang belum mampu dalam menulis teks percakapan sebanyak 6 siswa atau 20%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas IV SDN 1 Limboto Kecamatan Limboto dalam menulis teks percakapan.
Kata Kunci : kemampuan, teks percakapan, dan media gambar
Download berkas