SKRIPSI

Penulis / NIM
MIN H. MUKHSIN / 151411465
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK Min H. Mukhsin. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Mengidentifikasi Penyesuaian Diri Tumbuhan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share Pada Siswa Kelas V SDN 9 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi. S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II: Drs. Djotin Mokoginta, M.Pd Masalah dalam penelitian dirumuskan dengan pertanyaan “Apakah penerapan model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup di Kelas V SDN 9 Limboto Kabupaten Gorontalo?”. Berdasarkan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup pada mata pelajaran IPA melalui model pembelajaran think pair share di Kelas V SDN 9 Limboto Kabupaten Gorontalo.Metode penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Variabel penelitian meliputi variabel input, variabel proses dan variabel output. Teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran think pair share mampu meningkatkan hasil belajar terhadap materi mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan pada siswa Kelas V SDN 9 Limboto Kabupaten Gorontalo. pada observasi awal terdapat 10 siswa atau 45.45% yang memiliki hasil belajar belajar baik terhadap materi mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan. Pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 16 siswa atau 72.73%. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 19 siswa atau 86.36% dari 22 siswa yang ada di SDN 9 Limboto Kabupaten Gorontalo. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, jika digunakan model pembelajaran think pair share maka hasil belajar terhadap materi mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan pada siswa Kelas V SDN 9 Limboto Kabupaten Gorontalo dapat meningkat Kata Kunci: Hasil Belajar, Think Pair Share .
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011