Penulis / NIM
ERNI Y DAUD / 151411467
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Abstrak
ABSTRAK
Erni Y. Daud. 2013. Meningkatkan Kemampuan dalam Menentukan Pikiran Pokok Melalui Model CIRC Pada Siswa Kelas IV SDN 25 Limboto Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Hj. Sumarni Mohammad, S.Pd. M.Pd, Pembimbing II. Dr. Yusuf Jafar, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah melalui model CIRC kemampuan siswa kelas IV SDN 25 Limboto dalam menentukan pikiran pokok dapat ditingkatkan? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menentukan pikiran pokok melalui model CIRC.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tindakan kelas, dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes kemampuan siswa. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif deskriptif persentase.
Dari hasil analisis data diperoleh bahwa pada observasi awal siswa yang sudah mampu menentukan pikiran pokok sebesar 10% atau 2 orang dari 20 siswa. Pada siklus I meningkat menjadi 35% atau 7 orang dan pada siklus II menjadi 80% atau 16 orang yang sudah mampu menentukan pikiran pokok. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model CIRC dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menentukan pikiran pokok. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi: “Jika guru menggunakan model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dalam pembelajaran, maka kemampuan menentukan pikiran pokok dalam paragraf pada siswa kelas IV SDN 25 Limboto akan meningkat”, telah teruji kebenarannya.
Kata Kunci : menentukan pikiran pokok dan model CIRC.
Download berkas