Penulis / NIM
RITA MUSA / 151411470
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Abstrak
ABSTRAK
Rita Musa, 2013. Meningkatkan Kemampuan Siswa Berbicara Melalui Metode Simulasi di Kelas IV SDN Pohuwato, Kecamatan Marisa, Kabupaten Pohuwato. Skripsi. Program PPKHB, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Pembimbing I, Dra. Dajani Suleman, M.Hum, dan Pembimbing II, Dra. Hj. Evi Hasyim, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah Kemampuan Siswa Berbicara di Kelas IV SDN Pohuwato, Kecamatan Marisa, Kabupaten Pohuwato dapat ditingkatkan Melalui Metode Simulasi? Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Berbicara Melalui Metode Simulasi di Kelas IV SDN Pohuwato, Kecamatan Marisa, Kabupaten Pohuwato.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan data yang diperoleh yakni dari data observasi awal kemampuan berbicara siswa hanya 23% atau 6 anak dari 26 orang siswa, setelah dilaksanakan tindakan pada siklus 1 terjadi peningkatan kemampuan sebesar 35% atau 11 orang siswa, dan pada tindakan siklus 2 kemampuan siswa meningkat sebesar 81% atau 21 orang siswa yang meningkat kemampuan berbicaranya melalui metode simulasi.
Kesimpulan hasil pelaksanaan ini Kemampuan Siswa Berbicara Melalui Metode Simulasi di Kelas IV SDN Pohuwato, Kecamatan Marisa, Kabupaten Pohuwato meningkat.
Kata kunci: Kemampuan, Berbicara, dan Simualsi.
Download berkas