SKRIPSI

Penulis / NIM
SYAMSUDIN RASID / 151411472
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
DR. MUCHTAR AHMAD, S.Pd, M.Si / 0004057805
Abstrak
ABSTRAK Syamsudin Rasyid. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Alam di Lingkungan Kabupaten/Kota dan Provinsi melalui Metode Inquiri pada Siswa Kelas IV SDN 2 Pulubala Kabupaten Gorontalo. Skripsi. S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si, Pembimbing II: Muchtar Ahmad,S.Pd M.Si Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Apakah hasil belajar siswa pada materi Kenampakan alam di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi pada siswa kelas IV SDN 2 Pulubala Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode inquiri?” . Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Kenampakan alam di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi melalui metode inquiri pada siswa kelas IV SDN 2 Pulubala Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Dengan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap awal, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode inquiri mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Kenampakan alam di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi pada siswa kelas IV SDN 2 Pulubala Kabupaten Gorontalo. Berdasarkan ketuntasan jumlah siswa menunjukkan bahwa observasi awal hanya sebesar hanya sebanyak 8 siswa (47.62%) dari 21 siswa yang memiliki motivasi yang tinggi dalam belajar, pada siklus I hal ini mengalami peningkatan 15 siswa (71.43%). Pada siklus II jumlah ini mengalami peningkatan menjadi 19 siswa (90,47%) dari 21 siswa yang ada di SDN 2 Pulubala Kabupaten Gorontalo yang memiliki hasil belajar sesuai dengan yang diharapkan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa “Jika digunakan metode inquiri maka hasil belajar siswa pada materi Kenampakan alam di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi kelas IV SDN 2 Pulubala Kabupaten Gorontalo dapat meningkat.”Artinya dapat di terima dan signifikan. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, metode inquiri.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011