SKRIPSI

Penulis / NIM
DJONI WOLTER KOWAAS / 151411473
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK Djoni W. Kowaas. 2013. Meningkatkan Keterampilan Siswa Menulis Karangan melalui Pendekatan Kontekstual di Kelas V SD Inpres Bohusami Kecamatan Wanggarasi Kabupaten Pohuwato. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd dan Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa menulis karangan melalui pendekatan kontekstual di Kelas V SD Inpres Bohusami Kecamatan Wanggarasi Kabupaten Pohuwato. Metode yang dipakai dalam penelitian tindakan kelas. penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu: Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan tindakan, Tahap Pemantauan dan evaluasi, Tahap Analisis dan refleksi Hasil penelitian yaitu; 1) Setiap kali tindakan dilakukan selalu mengalami peningkatan yang signifikan terbukti pada siklus II indikator kinerja yang ditetapkan yaitu jika sebelumnya jumlah siswa yang terampil dalam menulis karangan hanya sebanyak 2 siswa (12.5 %) meningkat menjadi 12 siswa (80%) dari jumlah 15 siswa. Sedangkan 3 atau (20%) siswa merupakan jumlah siswa yang tidak mampu dan akan diperbaiki melalui proses remedial. Hasil tersebut memberikan gambaran perbedaan ketika guru kelas menggunakan proses pembelajaran yang konvensional tanpa memahami bagaimana kondisi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dengan pemilihan dan penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual secara tepat dengan langkah-langkah yang sesuai disetiap tindakan memperoleh hasil pembelajaran yang maksimal. Oleh karenanya peneliti telah yakin bahwa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual keterampilan siswa kelas V SD Inpres Bohusami dalam menulis karangan dapat diterima. Kata Kunci : Keterampilan Siswa, Menulis Karangan, Pendekatan Kontekstual
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011