SKRIPSI

Penulis / NIM
IRAWATI PASO / 151411474
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK Irawati Paso. 2014. "Meningkatkan Pemahaman Konsep Luas Segitiga, Persegi Panjang dan Persegi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Pada Siswa Kelas IV SDN 9 Bongomeme Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo".Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd dan Pembimbing II Dra Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan pemahaman konsep luas segitiga, persegi panjang dan persegi pada siswa kelas IV SDN 9 Bongomeme Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep luas segitiga, persegi panjang dan persegi pada siswa kelas IV SDN 9 Bongomeme melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 9 Bongomeme. Setiap siklus dilakukan dalam 4 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi, analisis dan refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I pemahaman siswa terhadap konsep luas segitiga, persegi panjang dan persegi belum mencapai indikator kinerja. Dari 15 siswa ada 6 orang atau 40% yang memperoleh nilai ketuntasan minimal 65 ke atas dan 9 orang atau 60% yang memperoleh nilai ketuntasan di bawah 65 ke atas. Sedangkan pada siklus II ada 13 orang atau 86,7 % yang memperoleh nilai minimal 65 ke atas dan 2 orang atau 13,3 % yang memperoleh nilai ketuntasan di bawah 65 ke atas. Siswa yang memperoleh nilai 65 kebawah sebanyak 2 orang atau 13,3 % tersebut dibimbing secara khusus dengan cara menjelaskan kembali materi yang belum di pahami kemudian diberikan tugas dengan tujuan untuk mengukur pemahaman siswa tesebut. Dengan melihat capaian tindakan yang diperoleh pada siklus II sudah sesuai dengan indikator kinerja dan pembelajaran dianggap tuntas. Dengan demikian disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation, pemahaman konsep luas segitiga, persegi panjang dan persegi pada siswa kelas IV SDN 9 Bongomeme meningkat. Kata Kunci : Group Investigation, Pemahaman, Segitiga, Persegi Panjang, Persegi
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011